Taman Pintar Yogyakarta

taman-pintar

Salah satu obyek wisata favorit di Jogjakarta saat ini adalah taman pintar yang berada di jalan senopati Yogyakarta tepatnya di sebelah selatan pasar beringharjo kurang lebih 300 meter. Taman pintar sendiri mempunyai konsep wisata edukasi. tidak heran bila di komplek taman pintar ini banyak terdapat wahana-wahana yang sarat akan pendidikan.

Selain itu konsep berdirinya taman pintar juga terinspirasi oleh ajaran Ki Hajar Dewantara yaitu niteni, memahami, niroake, dan nambahi. Taman pintar ini mulai dibangun pada tahun 2003. untuk masuk ke area taman pintar tidak dikenakan biaya alias gratis. tetapi jika akan memasuki gedung oval akan dikenakan biaya. wahana-wahana yang ada di taman pintar antara lain parabola berbisik, pipa bercerita, rumah pohon, air menari, dinding berdendang, istana pasir dan jembatan outbond.

Sedangkan di gedung oval sendiri kita dapat belajar tentang sejarah, ilmu pengetahuan, ilmu pemaparan dan teknologi. selain gedung oval kita juga bisa masuk ke dalam gedung kotak. di dalam gedung kotak kita bisa melihat berbagai ruangan antara lain ruang audio visual, radio anak Jogjakarta, food court, laboratorium sains, animasi, tv dan souvenir counter. Selain itu terdapat area yang khusus diperuntukan bagi balita yaitu ruang heritage.

Setiap harinya taman pintar selalu dipadati pengunjung baik itu berombongan atau keluarga. selain  itu taman pintar juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas antara lain toilet dan musholla. yang unik dari taman pintar ini adalah adanya tapak tangan dan kaki para presiden kita yang bila tangan kita ditempelkan ke tangan mereka akan keluar suara sang presiden antara lain presiden Soekarno, presiden Soeharto, presiden Habiebie, presiden Megawati, presiden Abdurahman wahid dan presiden Sby.

Taman pintar buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga pukul 17.00. selain murah meriah taman pintar juga bisa menjadi alternative wisata edukasi buat keluarga kita.

Baca yang Lainnya :