Taman Jurug Solo

Sawalan

Obayek wisata di kota solo ini terkenal dengan sebutan Taman Jurug Solo, padahal nama asli dari obyek wisata ini adalah Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ). seperti dengan namanya Taman Satwa Taru Jurug merupakan sebuah kebun binatang yang mengoleksi beberapa satwa langka. Taman satwa taru jurug atau taman jurug dibagun sekitar tahun 1878.selain di tempat ini kita bisa menyaksikan beberapa hewan langka kita juga bisa bernamain dengan berbagai wahana permainan.

Taman Satwa Taru jurug berada di jalan Ir. Soetami tepatnya bersebelahan dengan kampus Universitas Sebelas Maret Surakarta atau (UNS). Selain itu Taman Jurug juga mempunyai keistimewan yaitu bersebelahan dengan sungai bengawan solo yang terkenal. hewan-hewan yang dikoleksi oleh kebun binatang ini lumayan lengkap antara lain macan tutul, harimau sumatera, beruang, kera, zebra, unta selain itu juga terdapat beberapa koleksi reptile antara lain beberapa jenis ular, buaya dan iguana. selain itu juga ada beberapa koleksi satwa primata antara lain monyet, siamang dan orang utan.

Yang menjadi salah satu ikon kebun binatang ini adalah gajah tertua yang bernama Kyai Rebo yang telah mati kemudian diawetkan yang kemudian dipajang persis disebelah pintu masuk. taman jurug juga dijadikan sebagai salah satu pusat wisata, karena di tempat ini juga sering diadakan pertunjukan  seni antara lain atraksi reog, jathilan, beberapa tarian daerah bahkan atraksi debus. Taman Jurug juga identik dengan cerita Joko Tingkir yang memang dikenal sebagai salah satu legenda. di Taman Jurug ini setiap tahun tepat pada bulan syawal tanggal 8 diadakan arak-arakan Joko Tingkir mengendarai buaya. karena berdasarkan cerita rakyat Joko Tingkir yang juga mempunyai gelar Senopati Ing Nglalogo mengendarai buaya menyusuri sungai bengawan. tradisi ini dilaksanakan tepat pada perayaan Bodho Kupatan atau seminggu setelah hari Raya Idul Fitri.

Untuk biaya masuk Taman Satwa Taru Jurug ini pengunjung dikenakan biaya Rp. 6.000/ orang untuk hari biasa dan Rp. 7.000/ orang untuk hari libur, taman jumug buka setiap hari mulai pukul 07.00- 17.00 WIB.

[gambar : yogyakarta.panduanwisata.com]

Baca yang Lainnya :