Suku Dayak-Pulau Kalimantan

suku-dayak

Suku Dayak adalah suku asli pulau Kalimantan yang juga dikenal dengan sebutan Borneo. jika pernah melihat wanita menggunakan anting-anting yang sangat banyak hingga menjuntai itulah identitas khas suku ini. konon semakin tua akan semakin banyak anting yang dipergunakan. para wanita suku dayak memang sedikit sipit di bagian mata dan berkulit kuning langsat karena banyak yang mengatakan bahwa Suku Dayak masih kental dengan keturunan Tionghoa.

Menurut cerita konon Suku Dayak berasal dari para imigran cina yang berasal dari Provinsi Yunan. kedatangan mereka diperkirakan sejak tahun 3000-5000 sebelum masehi. selain itu duku dayak juga terkenal dengan ilmu Supranatural yang mumpuni bahkan sampai sekarang pun Suku Dayak kekuatan itu di yakini masih ada. ada banyak Suku Dayak yang mendiamai Pulau Kalimantan antara lain Dayak Kayan, Kenyah danBahau. Suku Dayak memiliki 5 bahasa.

Suku dayak juga dikenal memilki banyak ritual-ritual dalam keseharian antara lain Upacara Tiwah yaitu menghantarkan tulang orang yang sudah mati menuju Sanding yaitu rumah kecil yang memang diperuntukkan untuk menyimpan tulang belulang. sebelum diadakan ritual tiwah terlebih dahulu diadakan tari-tarian dengan menggunakan musik tradisional khas suku dayak. selain itu suku dayak juga terkenal dengan Seni Tato atau merajah tubuh. seni merajah tubuh ini juga sudah di lakukan secara turun temurun. dan pada setiap gambar memang selalu ada maknanya. Suku Dayak juga sampai sampai saat ini masih banyak mandiami dipendalaman hutan Kalimantan.

Ada pula cerita rakyat yang memang belum diketahui kebenarannya yang mengatakan bahwa nenek moyang suku dayak diturunkan dari langit ke tujuh dengan palangka balau yang jika di artikan antara lain nenek moyang suku dayak diturunkan ke bumi dengan suci dan bersih.

 Baca yang Lainnya :