Suku Asmat

suku-asmat

Suku Asmat adalah suku terbesar di papua, salah satu ciri khas dari suku ini adalah keahlian mereka membuat patung yang sampai saat ini masih banyak dikagumi oleh  banyak wisatawan dan membelinya untuk oleh-oleh. populasi Suku Asmat saat ini 100 hingga 1000 orang yang tinggal dalam satu kampung. populasi Suku asmat dibagi  menjadi 2 yaitu tinggal di pesisir laut dan di pedalaman.

Suku Asmat juga di bedakan dari dialek bahasa yang mereka pakai sesuai dengan di mana mereka tinggal begitu pula dengan Kultur, social dan adat. salah satu kesenian yang dimiliki Suku Asmat yang juga dijadikan ikon suku ini adalah Seni Pahat Patung khas Asmat. berbagai motif dan gambar indah dalam ukiran patung asmat. salah satu motif yang unik adalah gambar perahu arwah yang menggambarkan sebagai tempat untuk menghantarkan arwah nenek moyang menuju alam baka.

Seni ukir juga dianggap suku asmat sebagai penghormatan kepada nenek moyang. ada salah satu tradisi yang dianggap sangat sadis dan mengerikan yaitu pada saat mereka membunuh musuhnya mereka akan membawa tubuhnya ke kampung mereka kemudian seanjutnya tubuhnya akan dipotong-potong dan di bagikan kepada seluruh kampung. tetapi ritual ini sudah tidak dipakai lagi oleh Suku Asmat.

Suku asmat juga tersebar hingga laut Arafuru bahkan di pegunungan Jaya Wijaya. ada yang unik dari Suku Asmat yaitu bagi mereka batu sangat berharga bahkan bisa untuk mas kawin pernikahan, karena bagi mereka batu bisa dibuat menjadi kapak, palu dan alat-alat dapur. karena mereka sangat sulit menemukan batu mengingat tempat tinggal mereka di rawa-rawa. Selain berburu hewab dihutan dan nelayan segala aktivitas adat dan segala kegiatan lainya mereka lakukan di tempat yang mereka sebut dengan rumah bujang. kerukunan Suku Asmat ini juga perlu di contoh karena biasanya mereka tinggal secara bersama-sama. dalam satu rumah terdiri dari 2 sampai 3 keluarga tentunya dengan kamar dan dapur sendiri-sendiri. fisik Suku Asmat juga cukup tinggi yaitu untuk perempuan rata-rata 162 cm sedangkan untuk laki-laki 172 cm.

[gambar : yptravel.com]

Baca yang Lainnya :