Museum Benteng Vrederburg Yogyakarta

benteng-vredeburg

Di salah satu sudut pusat  kota Yogyakarta berdiri kokoh sebuah bangunan belanda yang  bernama Benteng Vrederburg, tepatnya di sebelah ujung selatan Jalan Malioboro depan Gedung Agung Yogyakarta. Museum Benteng Vrederburg ini dibangun pada tahun 1760 atas permintaan belanda yang disetujui oleh Sultan Hamengkubuwono. Setelah proses pembangunan yang lumayan panjang akhirnya benten ini selesai dengan sempurna pada tahun 1787, pada awalnya benteng ini digunakan oleh VOC tetapi pada tahun 1799 VOC mengalami kebangkrutan dan benteng ini diambil alih oleh pemerintah Belanda dan diakui milik kerajaan Belanda.

Nama Vrederburg sendiri diambil dari nama Gubernur Vanderburg yang memimpin di benteng ini, sebelumnya nama benteng ini adalah Rustenburg. setelah Belanda kalah peperangan dengan Inggris Benteng Vrederburg sempat dikuasai oleh Inggris tetapi secara yuridis benteng ini tetap milik Kasultanan. pada tahun 1867 Yogyakarta pernah diguncang gempa bumi hebat hingga mengakibatkan  beberapa bagian benteng ini  rusak, tetapi tidak butuh waktu lama untuk pembangunan kembali.

Saat ini Museum Benteng Vrederburg menjadi salah satu obyek wisata yang selalu ramai dikunjungi wisatawan, selain masih berdiri kokoh juga seluruh bagian benteng ini masih sangat terawat dan bersih. selain itu di dalam Museum Benteng ini juga terdapat banyak diorama-diorama yang menggambarkan pada saat perang kemerdekaan hingga akhirnya kita merdeka dan juga hampir  setiap tahunya di  benteng ini diadakan Festival Kesenain Yogya yang menampilkan segala pernak-pernik Kota Yogyakarta.

Konon ada juga cerita yang menyebutkan bahwa sering orang-orang di sekitar benteng pada waktu malam hari mendengar orang meminta tolong, hal ini dikarenakan dahulu konon di tempat ini ada penjara bawah tanah dan banyak para tahanan yang dihukum mati di dalam benteng ini. Museum Benteng Vrederburg juga bisa dijadikan tempat wisata alternative bagi keluarga anda karena banyak nilai historis dan edukatif di sini.

[gambar : yogyatrip.com]

Baca yang Lainnya :