Makam Putri Campa

makam-putri-campa

Banyak orang melupakan sejarah tentang Putri  Campa ( cempo ), padahal beliau adalah ibunda dari Raden Fattah Raja Demak pertama. selain ibunda seotang Raja Demak, Putri Campa ternyata adalah bibi dari Sunan Ampel, karena memang belum diyakini sebagai pemeluk Islam maka sejarah Putri Campa memang tidak begitu terkenal seperti Putra beliau yaitu Raden Fattah.

Ada pula cerita yang mengatakan bahwa sebenarnya Putri Campa sudah memeluk Islam dan mengajak suaminya yaitu Prabu Brawijaya V untuk masuk Islam setelah mereka menikah. bahkan dalam serat Darmogandul pupuh 20 menceritakan sebelum Prabu Brawijaya meninggal beliau berpesan jika meninggal beliau inggin dimakamkan secara Islam. dan banyak pula yang  mengatakan bahwa kerajaan Majapahit mulai memeluk Islam pada pemerintahan Prabu Brawijaya atau yang  lebih dikenal sebagai Dammar Wulan.

Setelah meninggal pada tahun 1448 putri campa dimakamkan di dusun petukangan kelurahan gending yang berjarak 4 kilo meter dari alun-alun Kota Gresik tepatnya ke arah barat daya, atau 2 kilo meter dari bekas komplek kedaton giri. Makam Putri Campa di tandai dengan ditandai nisan pada bagian kepala saja. sementara Prabu Brawijaya terdapat nisan bagian kepala dan kaki. Makam Putri Campa juga banyak dikunjungi penziarah terutama pada malam jum’at legi pada penanggalan jawa. selain itu Makam Putri Campa juga masih dekat dengan makam kakek Sunan Ampel kira-kira hanya berjarak 1 kilometer dan juga dekat dengan Candi Menak Jingo.

Baca yang Lainnya :


Tagged: , ,