Kawah Ijen

kawah-ijen

Bagi para petualang Kawah Ijen merupakan  salah satu destinasi favorit, selain memang pemandangan kawah yang indah juga karena tantangan untuk naik ke kawah ijen. kawah ijen terletak di perbatasan Bondowoso dan Banyuwangi Jawa Timur. kira-kira para pengunjung harus menempuh perjalanan selama 2 jam untuk sampai ke puncak Kawah Ijen ini. Kawah Ijen juga dianggap istimewa karena di dunia hanya ada 2 tempat yang memiliki pemandangan seperti kawah yang  ini, satu lagi berada di Islandia.

Selain banyak dikunjungi oleh para wisatawan, yang menarik dari kawah ini adalah keberadaan para penambang belerang yang sering kita temui saat perjalanan kita menuju puncak. selain memiliki kawah hijau yang memukau, Kawah Ijen juga memiliki fenomena api biru. jika para wisatawan ingin melihat fenomena api biru hendaknya berangkat pada pagi hari yaitu waktu subuh, karena pada saat itulah api biru akan terlihat. jika inggin berkunjung ke kawah ijen akan melewati pos akhir Paltuding dan untuk sampai ke tempat itu para wisatawan harus menyewa jeep adventure untuk perjalanan bisa memakan waktu 3 jam.

Perjalanan yang melelahkan akan seketika hilang berganti rasa takjub setelah melihat pemandangan indah di kawah ijen. tetapi yang disayangkan adalah belum banyak wisatawan local yang memadati kawasan wisata ini justru pengunjung terbanyak adalah wisatawan mancanegara. padahal harga tiket masuk sangatlah murah yaitu 2.000 bagi wisatawan local dan 15.000 bagi wisatawan mancanegara. untuk transportasi juga tergolong mudah dari Surabaya sampai ke Bondowoso hanya sekitar 7 jam dan jika anda berangkat dari Bali hanya akan memakan waktu empat jam untuk sampai ke banyuwangi.

Perjalanan ke kawah ijen paling tepat adalah di pagi hari disampaing cuaca masih segar juga bau belerang yang belum menyengat. dan jangan lupa anda membawa peralatan yang dibutuh kan seperti senter saat anda melakukan perjalanan pagi hari. baju hangat dan syal juga jangan sampai terlupakan.

Baca yang Lainnya :

[gambar : flickr]


Tagged: ,