Istana Maimun

[gambar : id.wikipedia] [gambar : id.wikipedia] 

Saat kita berkunjung ke medan dan melintas di jalan Brigadir Jendral Katamso kita akan melihat sebuah bangunan megah yang sangat terkenal di medan, yaitu  istana maimun kerajaan melayu yang juga menjadi ikon kota medan. istana maimum dibangun oleh “Sultan Deli Makmun Al Rasyid Perkasa Alamsyah” pada 25 agustus 1888. Sultan Deli adalah putra sulung dari “Sultan Mahmud Putra Alam” pendiri kota medan.

istana maimun mempunyai luas sekitar 2.772 m dan mempunyai 30 ruangan terdiri dari 3 bagian yaitu induk, sayap kanan dan sayap kiri. bangunan induk juga disebut balairung karena terdapat singgasana raja. Arsiitektur bagunan ini memang perpaduan gaya eropa dan timur tengah karena arsitek istana maimun ini berasal dari italia. warna kuning juga sangat dominan karena warna ini adalah symbol kejayaan kerajaan melayu.

di komplek istana ini juga terdapat meriam putung yang sangat terkenal  dan meriam ini mempunyai sejarah konon menurut cerita dahulu kala ada seorang putri yang selalu memancarkan sinar kehijauan maka orang-orang menyebutnya putri hijau. putri hijau berasal dari kerajaan timur raya, sang putri mempunyai 2 saudara yaitu mambang yasid dan mambang khayali.

suatu hari seorang raja dari aceh inggin mempersunting sang putri tetapi kedua saudaranya tidak menyetujui lalu sang raja marah dan menyerang kerajaan timur mambang yasid bisa ditumbangkan setelah itu para tentara aceh inggin menculik putri timur. saat itu terjadi keajaiban mambang khayali berubah menjadi meriam dan menembakkan pelurunya secara membabi-buta karena terus menerus menembak meriam ini terbelah menjadi 2 dan berpencar arah satu bagian ditemukan di surbakti dataran tinggi karo dan satunya lagi ditemukan di labuhan deli yang kemudian hari dipindahkan di istana maimun.

sejak tahun 1946 istana maimun dihuni oleh para ahli waris kerajaan, banyak kegiatan keagamaan dan budaya dilaksanakn di istana ini. salah satunya adalah rawatib adat atau pembacaan wiridan oleh keluarga dan acara adat seperti perkawinan dan pertunjukan musik melayu. disamping itu para anggota keluarga kerajaan beserta para turunanya masih secara berkala mengadakan silaturahmi antar keluarga besar, biasanya diadakan 2 kali dalam setahun.

jika kita berkunjung ke istana maimun selain kita bisa melihat koleksi benda-benda kuno atau pun foto-foto bersejarah kita juga bisa berfoto dengan pakaian kerajaan yang sengaja disewakan, menarik bukan jadi jangan lupa berkunjung ke istana maimun jika kita berkunjung ke medan.

Selamat berlibur.

Baca yang Lainnya :


Tagged: