Danau Ranu Kumbolo

danau-ranukumbolo

Ranu Kumbolo adalah sebuah danau gunung di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur letaknya di pegunungan tengger dengan luas 15 hektar di kaki gunung semeru. Saat melakukan pendakian di gunung semeru, ada salah satu tempat yang wajib dikujungi yang sekaligus sebagai base camp oleh para pendaki apalagi kalo bukan Danau Ranu Kumbolo. Danau Ranu Kumbolo terletak di kawasan Taman Nasional Bromo tengger semeru Jawa Timur dan danau ini adalah danau tertinggi  di pulau jawa karena berada di ketinggian 2400 meter di atas permukaan laut.

Memang diakui untuk menuju ke danau ini diperlukan pejuangan karena akan menempuh perjalanan 4-5 jam dengan medan yang menantang dan perjalanan ini juga cukup, menguras stamina. Ranu Kumbolo sendiri terletak di antara perbatasan lumajang dan malang jawa timur. kelelahan yang mendera untuk sampai ke danau ini seakan-akan sirna setelah melihat keindahan danau ini. hawa yang sejuk dan tenangnya air danau mampu menghipnotis siapa saja yang melihat. Tempat ini juga menjadi favorit para pendaki untuk beristirahat sejenak dengan mendirikan tenda-tenda. selain itu tidak ada yang menyangsikan keindahan sunset danau ranu kumbolo.

Saat malam datang selain memang hawa dingin yang menusuk tulang kita juga bisa melihat berjuta-juta bintang bertebaran di atas langit dengan jelasnya. kekayaan alam di danau ini memang wajib dijaga dan dilestarikan dengan tidak mengotori danau ini dengan sampah dan juga untuk menjaga ekosisitim di danau ini memang sengaja dihindari penyebaran benih di dalam danau. upaya untuk menjaga kebersihan di kawasan danau ini memang tergolong ketat bahkan ada aturan yang mewajibkan setiap pengujung untuk menyerahkan sampah masing-masing kepada petugas.

[gambar : id:SemeruCreative Commons Attribution 3.0 Unported]

Baca yang Lainnya :


Tagged: ,